Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Shalat di Masjid Quba Pahalanya Sama Dengan Mengerjakan Umrah

Masjid Quba di Madinah

Sejak dibuka untuk shalat untuk umum ( dibuka 20 Juni 2021), masjid Quba terus didatangi jamaah baik jamaah lokal maupun jamaah asing. 

Kementerian Urusan Islam, Panggilan dan Bimbingan telah  mencatat bahwa otoritas yang kompeten telah mengambil semua langkah dan protokol kesehatan yang berlaku untuk masjid untuk memastikan keselamatan dan kesehatan jamaah dari virus corona.

Masjid Quba terletak di Jalan Hijrah yang menghubungkan Madinah dengan Makkah dan berjarak sekitar 3,5 km selatan Masjid Nabawi di Madinah.

Ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad (saw) ketika ia tiba di Madinah setelah berhijrah dari Mekah. 

Nabi  shallallahu 'alaihi washallam ikut serta dalam peletakan batu pertama masjid dan kemudian para sahabatnya menyelesaikan pembangunannya. Masjid ini konon merupakan tempat pelaksanaan shalat Jumat pertama.

Nabi (SAW) biasa pergi ke masjid dari waktu ke waktu, kebanyakan pada hari Sabtu untuk shalat di masjid ini, yang dianggap sebagai masjid pertama dalam sejarah Islam. 

Ia juga mengajak para sahabatnya untuk mengunjungi masjid.

Rasulullah bersabda bahwa pahala shalat di Masjid Quba sama dengan pahala umrah.

“Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu datang ke Masjid Quba dan shalat di sana, maka baginya pahala melakukan umrah,” katanya seperti dikutip dalam sebuah hadits. (azka)

Posting Komentar untuk "Shalat di Masjid Quba Pahalanya Sama Dengan Mengerjakan Umrah "