Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Syeikh Yasir Al Dossary Imam Masjidil Haram Makkah

Yasir Al Dossari (@haramaininfo).
Suara tilawah Syeikh Dr. Yasir Al Dossari termasuk yang sering di dengar bagi jamaah umrah atau haji. Karena ia merupakah Imam Sholat Rowatib di Masjidil Haram.   

Syeikh Yasir ya memiliki nama lengkap Yasir bin Rashid bin Hussein Al-Wadani Al-Dossary adalah salah satu qari terkenal di dunia Islam, dan Imam Masjid Al Haram, Makkah

Syeikh Yasir Al-Dossary lahir di provinsi Al-Kharj pada tahun 1980 M yang memiliki seorang isteri dan  dua putri dan dua putra.

Ia menerima gelar sarjana dari Fakultas Syariah di Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud setelah 7 tahun ia belajar gelar master dalam ilmu perbandingan dari Institut Peradilan Tinggi di universitas yang sama. Kemudian memperoleh gelar doktor di Departemen Fiqh Perbandingan dari lembaga Kehakiman yang lebih tinggi. 


Dia bekerja sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pangeran Sultan untuk menghafal Al-Quran di pertahanan udara.

Syeikh Yasir al-Dossary termasuk di antara tokoh-tokoh paling berpengaruh di masyarakat, menurut majalah Insan.

Dia saat ini menjadi anggota staf pengajar di King Saud University dengan pangkat Associate Professor dan merupakan pendiri Ayat Quranic Media Group bersama rekannya Sheikh Nasir Al Qatami. 

Dia juga memiliki keanggotaan di beberapa asosiasi seperti: Saudi Fiqh Scientific Society, Saudi Scientific Society for the Quran and its Sciences, dan the Saudi society for Dawah Studies dan juga merupakan anggota dari Committee of Europe in the World Assembly of Muslim Youth, dan anggota dari Al Birr Society di Al-Kharj.

Syeikh Yasir Al-Dosarry  menjadi Imam di banyak masjid, antara lain Masjid Abdullah Al-Khulaifi, Masjid Al-Kawthar, Masjid Imam Abdullah bin Saud, masjid Syekh Abdul Aziz bin Baz, kemudian datang pengangkatannya ke Masjid Fahad Al-Dakheel di Riyadh pada 1426 di mana dia memimpin sampai pengangkatannya sebagai Imam di Masjid Al Haram pada 1441.

Ia juga ditugaskan memimpin di Masjid Al Haram pada bulan Ramadhan 1436 (2015 M) dan berlanjut hingga 1440. (azka).

Sumber: https://www.haramainsharifain.com/2019/10/sheikh-yasir-al-dossary.html

1 komentar untuk "Mengenal Syeikh Yasir Al Dossary Imam Masjidil Haram Makkah"