Kemenag Kebumen Ingatkan Masyarakat Waspada Penipuan Haji

Kepala Kemenag Kebumen, H Panut SPd, MM

Terungkap kabar bahwa di wilayah Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, seorang Calon Jamaah Haji atas nama Sarbini (65 th) warga dukuh Jeruk Legi desa Kalirancang  telah ditipu oleh oknum yang mengatasnamakan teman satu pemberangkatan pada tahun yang sama yakni tahun 2023.

Korban berhasil diperdaya dengan kerugian uang senilai Rp 8,5 juta rupiah. Awalnya pelaku kepada korban mengaku sebagai petugas haji.  Pelaku menyampaikan kalau ada calhaj yang mengundurkan diri sehingga butuh penggantinya.

Untuk menggantinya korban harus menyerahkan uang sejumlah itu. Korban srtuju  dengan membayar 8,5jt dan uang nya langsung dipegang pelaku. Ahirnya korban diajak untuk ngurus ke Kemenag dengan dibonceng pelaku dengan membwa persyaratan (KTP dll). Sesampe di Sruni, korban disuruh motokopi persyaratn, pada saat itulah pelaku kabur..

Kabar ini telah dikonfirmasikan kebenarannya oleh Humas Kemenag Kebumen melalui akun medsos warga di desa tersebut.

Menyikapi hal tersebut Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen, H. Panut SPd, MM,  saat apel pada Kamis pagi (13/2), menyampaikan pesan agar ASN Kemenag ikut memberikan informasi kepada masyarakat terkait modus kejahatan menjelang musim pemberangkatan haji tahun 2020.

“Tolong sampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada menjelang musim pemberangkatan haji tahun ini,” ucapnya dilansir situs resmi Kemenag Jawa Tengah.

Senada dengan Kepala Kantor, Muslim yang juga staf senior PHU menyampaikan kepada seluruh Calon Jamaah Haji yang saat ini sedang melaksanakan pengambilan foto melalui layanan Haji On the Spot, untuk lebih berhati-hati jika ada oknum yang menawarkan sesuatu diluar kebijakan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Kami telah sampaikan kepada Calon Jamaah Haji tahun ini agar segala pelaksanaan pemberangkatan Haji tahun ini mengikuti prosedur pemerintah,” paparnya.

“Ini juga bagian dari meminimalisir modus-modus kejahatan jelang musim pemberangkatan,” pungkasnya.(azka).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.