MIN 2 Boalemo Tanamkan Shalat Berjamaah pada Siswa

Foto Kemenag Gorontalo

Untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam menjalankan ibadah, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Boalemo Gorontalo menggerakkan peserta didik untuk Shalat Dzuhur berjamaah.

Selain itu, siswa juga diajak mengikuti kegiatan istihgosah, doa bersama, tausiyah sesudah Sholat Dzuhur, hidup bersih, tegur sapa dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Kepala MIN 2 Boalemo Hariyana Tahutu menuturknan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari yang diawali dengan Shalat Dhuha berjamaah.

Baca juga: Ribuan Siswa MAN 2 Bogor Gelar Doa untuk Korban Bencana

Baca juga: Hukum Shalat Jumat di Halaman Masjid yang Pintunya Tertutup Karena AC

“Pembiasaan praktik keagamaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan ketaatan beribadah siswa serta meningkatkan akhlak peserta didik, baik di madrasah maupun di luar madrasah,” tutur Hariyana usai pelaksanaan Shalat Dzuhur berjamaah di Aula Madrasah, Kamis lalu (9/1/2020)

Kegiatan ini kata Hariyana bertujuan untuk menanamkan kebiasaan shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu diharapkan agar membuka cakrawala berfikir para peserta didik MIN 2 Boalemo tentang pentingnya pendidikan agama Islam terhadap mereka serta dalam rangka menghadapi era globalisasi.

Pendidikan agama khususnya dalam shalat berjamaah, menurutnya, memiliki peranan penting dalam kehidupan. Hal ini harus benar-benar disadari oleh guru agama khususnya guru bidang studi pada umumya.

“Dalam tugasnya sehari-hari, guru agama harus dapat memahami benar-benar tujuan akhir pembelajaran adalah agar siswa terampil menyimak, memahami dan mengetahui pentingnya pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari- hari,” ujar Hariyana yang dikutip situs Kemenag Gorontalo.

Lebih lanjut Hariyana mengatakan, tugas seorang guru tidak hanya menyampaikan materi tentang shalat kepada peserta didik, tidak sebatas membuat peserta didiknya hafal dan mengerti tentang materi shalat, akan tetapi tugas seorang guru lebih berat lagi yakni, mengupayakan agar peserta didiknya mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. (azka).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.