Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Buka Lelang Pembangunan Masjid

Puluhan tiang pancang berbahan beton nampak berjejer di tepi Jalan Gubernur Syarkawi, Handil Bakti, Kabupaten Batola Kalsel.  Pemandangan itu tampak di depan Kampus Utama UMB (Universitas Muhammadiyah Banjarmasin), namun belum pada bangunan utamanya.

Itu terjadi dari bagian kelanjutan pembangunan masjid yang masih jauh dari kata sempurna Sabtu kemarin (7/9/2019), UMB mengundang berbagai elemen masyarakat. Tamu yang terdiri dari kepolisian, TNI, pengusaha, saudagar, hingga wali mahasiswa itu diajak beramal di jalan Allah melalui kegiatan lelang.

Hasilnya pun tidak main-main, dipandu oleh seorang Konsultan Masjid asal Balikapan, Kaltim, Ust Ir H Suharyono, hanya berselang beberapa menit lelang dimulai, sumbangan telah mengalir.

Sumbangan itu pertama kali datang dari Rektor UMB sendiri, Prof Dr H Akhmad Khairuddin, MA yang memberikan lima kali pukulan ke tiang ulin menggunakan palu telah disediakan.

Tidak hanya itu, didampingi Ketua Dewan Masjid Indonesia Kalsel, H Gusti Pangeran Rusdi Effendi saat membuka lelang, rupanya ia pun juga memberikan enam kali pukulan ke tiang ulin tertancap.

Sedangkan untuk satu kali pukulan dinilai Rp 10 juta rupiah. Sehingga jika ditotal, dari 11 pukulan tadi, maka telah berhasil mengumpulkan Rp 110 juta.

” Allahu Akbar.. Allahu Akbar. Alhamdulilah!!!,” takbir Ust Ir H Suharyono saat tuntas mendengar suara palu tersebut.

Sementara, Rektor UMB, Prof Dr H Akhmad Khairuddin, MA mengatakan dengan mengadakan lelang tersebut sebenarnya juga sekaligus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat menuju jalan VVIP surganya Allah.

” Karena Allah sangat menyukai hamba-Nya yang membelanjakan hartanya ke jalanNya. Nah, dengan acara ini, sekaligus sebenarnya meringankan masyarakat membelanjakan hartaNya ke jalan yang diperintah Allah. Dan Allah akan menggantinya dengan rumah di surga kelak, ” ungkap Khairuddin.

Ia juga mengatakan masjid nantinya akan dibangun menggunakan konsep Boarding University. Sehingga tidak hanya kampus sebagai tempat belajar, asrama sebagai tempat tinggal, masjid pun sebagai tempat ibadah bisa dirasakan keberadaannya oleh mahasiswa.

Namun Khairuddin mengatakan mengingat masjid juga merupakan rumah Allah yang siapapun bisa memanfaatkannya untuk beribadah, ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat bersama-sama mewujudkan impian mulia tersebut.

” Insha Allah dengan izin Allah dan dipandu Konsultan Masjid asal Balikapan, Kaltim, Ust Ir H Suharyono dana Rp 30 miliar untuk pembangunan masjid ini bisa terpenuhi,” ungkapnya dengan optimis.

Masjid yang rencana dibangun dengan arsitektur minimalis modern berkapasitas sekitar 1.700 orang. Masjid juga rencananya meliputi beberapa bagian diantaranya perpustakaan, beberapa ruang pertemuan.

” Selain itu juga ruang diskusi untuk kajian-kajian ilmu agama,” tutupnya yang diwartakan trubunews.com. (tbn/azka)..

 

One thought on “Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Buka Lelang Pembangunan Masjid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.