Untuk Kedua Kalinya, H. Anwar Hambali Bersyukur Bisa Berangkat Haji Lagi Tahun Ini

H.M. Anwar Hambali bersama Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Pangkalpinang dan Kasi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kanwil di kantor Kemenag Pangkalpinang. Foto Kemenag Pangkalpinang

TVHaji.net – Wajah H.M. Anwar Hambali (84) tampak sumringah. Dia mengaku sangat bersyukur sekali bisa kembali menunaikan ibadah haji pada tahun ini setelah namanya beserta istri, Fauziah Muhammad Harun (78), masuk dalam  Kuota Haji Tambahan Tahun 1440 H/2019 M seperti  diatur dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 176 Tahun 2019.

Ditemui saat menghadap Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Hj. Nurmala, S.Ag. di ruang kerjanya guna menyerahkan paspor, pria yang juga dikenal sebagai tokoh masyarakat dan sesepuh di Kota Pangkalpinang ini menceritakan, bahwa dirinya mendapatkan kabar kepastian keberangkatan tersebut setelah dihubungi melali telepon langsung dari Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Pangkalpinang beberapa waktu yang lalu. Tak ayal lagi, setelah mendapat kabar tersebut dia pun segera mempersiapkan diri, baik dokumen maupun pemeriksaan kesehatan, serta melakukan pelunasan BPIH.

“Alhamdulillah, permohonan percepatan keberangkatan usia lanjut yang kami ajukan diterima dan kebetulan juga pada tahun ini ada kuota tambahan, sehingga Insya Allah pada tahun ini kami bisa kembali berangkat menunaikan ibadah haji,” tuturnya, Selasa 11 Juni 2019 yang dilansir Kemenag Bangka Belitung.

Diceritakannya, tahun 1999 yang lalu dirinya bersama istri pun telah menunaikan ibadah haji, akan tetapi kerinduan yang mendalam akan baitullah tersebut mendorongnya untuk kembali mendaftarkan keberangkatan haji pada tahun 2013 yang lalu.

“Setelah melakukan pendaftaran kedua tersebut, abah juga pernah mengajukan permohonan percepatan keberangkatan usia lanjut lewat rekomendasi Gubernur pada tahun 2014 dan 2015, akan tetapi karena pada tahun tersebut tidak ada kuota tambahan, maka abah pun belum bisa diberangkatkan,” lanjutnya.

Ditambahkannya, kerinduannya akan tanah suci Mekkah tersebut sempat terobati dengan diberangkatkannya  beserta para hafidz/hafidzhoh dan tokoh masyarakat Kota Pangkalpinang lainnya untuk menunaikan ibadah umroh pada tahun 2016  oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Terkait hal ini, Kepala Seksi penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Pangkalpinang, Hj. Nurmala mengungkapkan, pihaknya juga merasa bersyukur dengan masuknya H.M. Anwar Hambali kedalam kuota tambahan tahun ini. Nurmala mengapresiasi perjuangan gigih H.M. Anwar Hambali untuk berangkat kembali beribadah ke tanah suci di usia yang sudah tidak muda lagi tersebut.

“Kami juga menyarankan agar beliau dapat menjaga kondisi kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat, sehingga dapat melaksanakan ibadah secara maksimal di tanah suci nanti,” harapnya. (kemenag/mnm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.