Kholifatun Istiqomah Siswa MTs Maarif NU Penulis Al-Qur’an 30 Juz Dapat Penghargaan

Kholifatun Istiqomah, siswa kelas IX A MTs Ma’arif NU 10 Krenceng Purbalingga bersama orang tua/wali saat menerima penghargaan dari Ketua PCNU Purbalingga, K.H. Ahmad Muhdzir atas prestasinya menulis salinan Mushaf Al-Quran 30 Juz.dalam acara Wisuda dan Pelepasan Siswi. Foto Kemenag Purbalingga

TVHaji.net –  Penulisan Mushaf Al-Qur’an merupakan salah satu program ekstra kurikuler yang diadakan di MTs Ma’arif NU 10 Krenceng. Kholifatun Istiqomah (Olif) siswa kelas IX A yang mengikuti program tersebut berhasil menyelesaikan penulisan salinan Mushaf Al-Quran  30 juz dalam waktu 8 bulan. Sebagai bentuk penghargaan atas prestasinya, hasil karya Olif dinamakan sebagai Mushaf Al Istiqomah sesuai dengan nama belakang penulisnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Madrasah, Basrun, dalam acara wisuda dan pelepasan siswa kelas IX MTs Ma’arif NU, Senin (24/6/2019).

Basrun menjelaskan, dalam program yang baru digelarnya tersebut Kholifatun Istiqomah (Olif) merupakan satu-satunya peserta yang dapat menyelesaikan penulisan salinan Mushaf Al-Quran hingga paripurna. “Dari 6 siswa ada yang baru menyelesaikan 2, 3, dan 5 juz, alhamdulillah Olif berhasil menyelesaikan hingga juz ke-30,” jelasnya yang dilansir website Kemenag Jatim.

Basrun menambahkan, Olif merupakan putra ke-3 dari Bapak Sukirno yang beralamat di Desa Sokanegara Kecamatan Kejobong. Seperti kebanyakan siswa lainnya di lingkungannya Olif hanya belajar di madrasah dan bukan merupakan santriwati dari sebuah pondok pesantren.

Menurutnya, kesuksesan program tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan semangat siswa dengan pendamping kegiatan ektra kurikuler, Tarwan, S.Ag.,S.Pd.. Selain itu juga tim Pentashhih Al-Quran yang terdiri dari 2 orang Hafizh Quran yaitu K.H. Ahmad Muhdzir dan Kyai Muhammad Fauzan.

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Purbalingga, K.H. Ahmad Muhdzir, hadir dalam acara tersebut Pengawas Madrasah Tsanawiyah, Sodikin, para guru/karyawan, wali siswa kelas IX, tamu undangan serta 250 siswa madrasah tersebut.

Pada acara wisuda 86 siswa tersebut pihak madrasah  juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi kategori 5 besar nilai Ujian Nasional, 3 besar siswa berprestasi akademik dan non-akademik, 1 siswa teladan kategori putra dan 1 kategori putri, serta penghargaan kepada 6 siswa penulis Al-Quran.

Ketua PC NU Purbalingga, K.H. Ahmad Muhdzir yang juga Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Kabupaten Purbalingga memberikan apresiasi tinggi dan kesan bangga dengan inovasi di madrasah tersebut.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena kehadiran Mushaf Al Istiqomah hasil tulisan tangan Kholifatun Istiqomah merupakan hal yang membanggakan bagi kita. Di tengah minimnya budaya literasi khususnya budaya menulis yang menimpa remaja kita ternyata ada seorang remaja yang telaten dan gigih menyalin Al-Quran hingga 30 juz bahkan lengkap dengan doa khotmil Quran-nya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hasil kerja keras tersebut merupakan karya monumental bagi sang penulis maupun madrasah. Meskipun masih dengan keterbatasan akan pengetahuan dan kemampuan penulisan khot/kaligrafi Arab.

Dalam kesempatan penyerahan penghargaan pun ia berpesan agar ekstra kurikuler Penulisan Mushaf Al-Quran dijadikan sebagai program unggulan di madrasah tersebut.

“Ini adalah icon yang luar biasa. Jadikan icon ini sebagai program unggulan yang tidak ada di madrasah lainnya sehingga amal jariyah selalu mengalir mengiringinya,” pesannya. (kemenag/mnm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.