Buka Rakor Haji, Kakanwil Kemenag Gorontalo Jelaskan 3 Pilar Penyelenggaraan Haji

...
Foto Kemenag Gorontalo

TVHaji.net – Dalam rangka mempersiapkan penyelenggaranaan haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pra Operasional Haji tahun 1440 H/2019 M.

Rakor yang digelar di Asrama Haji Gorontalo itu dihadiri 30 peserta yang terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kepala Seksi PHU serta Pelaksana Haji se-Provinsi Gorontalo.

Menurut Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Mahmud Bobihu, Rakor ini bertujuan untuk merampungkan jadwal pelaksanaan manasik haji bagi para jamaah, pembagian kloter serta persiapan-persiapan lain mengenai pelaksanaan ibadah haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo H. Kudrat Dukalang menjelaskan tiga pilar pokok Penyelenggaraan Ibadah Haji (PIH) yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah Pembinaan Ibadah Haji atau serangkaian kegiatan yang meliputi penyuluhan dan pembimbingan bagi jamaah haji.

Yang kedua Pelayanan Ibadah Haji. Adalah kegiatan yang meliputi penyiapan dan pelayanan administrasi, dokumen, akomodasi transportasi, catering, kesehatan dan hal-hal lain yang diperlukan jamaah haji

Sedangkan yang terakhir adalah Perlindungan Ibadah Haji yang meliputi aspek keselamatan, keamanan, asuransi dan hal-hal lain untuk memberikan perlindungan bagi jamaah haji.

Oleh karena itu, Kakanwil berharap melalui Rakor ini, pelayanan Ibadah haji mulai dari tingkat kecamatan, Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi dapat dilaksanakan dengan baik, ramah dan santun.

Kakanwil mengimbau kepada para pelaksana haji di Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan manasik haji dengan matang serta memberikan pelayanan kepada jamaah haji dengan penuh integritas dan tanggungjawab.

“Khusus Kepala Kantor yang menjadi petugas TPDH (Tim Pemandu Haji Daerah), diharapkan satu minggu sebelum jadwal keberangkatan semua persiapan di wilayah kerjanya harus sudah selesai,” pungkasnya. (kemenag/mnm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.