3.888 Calon Haj Aceh Sudah Lunasi Biaya Haji 2019

TVHaji.net – Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I akan berakhir pada 15 April 2019. Hingga 12 April tercatat 3.888 CJH Aceh tahun 1440 H/2019 M yang sudah melakukan pelunasan.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh di Banda Aceh, Jum’at (12/4/2019) disela-sela mengunjungi VFS Tasheel, tempat perekaman biometrik CJH Aceh yang beralamat di jalan dipeunogoro lantai 3 pasar Atjeh, Banda Aceh.

“Berdasarkan data yang diterima dari petugas Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Provinsi Aceh, sebanyak 3.888 Calon Jemaah Haji Provinsi Aceh telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini,” ujar Kakanwil.

Ia menjelaskan, artinya yang sudah lunas mencapai 89.19 persen, tersisa 471 CJH yang belum melakukan pelunasan, ditambah 34 TPHD.

Karenanya, Kakanwil menginstruksikan seluruh Kakankemenag kabupaten/kota melalui Kabid Haji untuk mengecek kembali dan sekaligus menghubungi calon-calon jamaah yang telah ditetapkan berhak melunasi tapi hingga saat ini belum melakukan pelunasan.

“Kami minta Kankemenag Kabupaten Kota agar proses dokumen jemaah dapat dipercepat, dan proses perekaman biometrik berjalan lancar hingga batas akhir, jadi tidak terhambat usul visa ke Jakarta nantinya,” sebut Kakanwil.

Dikatakannya, hampir seluruh JCH Aceh yang telah melunasi sudah melakukan perekaman Biometrik.

“Alhamdulillah, proses perekaman data biometrik jemaah Aceh dipusatkan di VFS Tasheel Banda Aceh berjalan dengan lancar, walaupun CJH Aceh harus menempuh perjalanan jauh ke Banda Aceh, karena ini merupakan peraturan pemerintah Arab Saudi yang menerapkan rekam biometrik sebagai syarat pembuatan visa jamaah haji,” ujar Kakanwil.

Secara rinci ia menjelaskan, masih ada 1062 JCH Aceh yang belum melakukan perekaman biometrik.

Kakanwil juga menginformasikan CJH Aceh yang sudah lunasi BPIH, berasal Kota Banda Aceh sebanyak 517 orang, Sabang 37 orang, Aceh Besar 446 orang, Pidie 402 orang, Aceh Utara 464 orang, Aceh Timur 201 orang, Aceh Selatan 113 orang, Aceh Barat 178 orang, Aceh Tengah 108 orang, Aceh Tenggara 61 orang, Simeulue 16 orang, Aceh Singkil 19 orang, Bireueng 247 orang, Lhokseumawe 233 orang, Langsa 178 orang, Aceh Tamiang 100 orang, Gayo Lues 64 orang, Abdya 72 orang, Nagan Raya 136 orang, Aceh Jaya 51 orang, Bener Meriah 74 orang, Subulussalam 6 orang dan Pidie Jaya 165 orang.

Di lokasi perekaman biometrik, Kakanwil disambut hangat oleh para jemaah yang berada disana, Kakanwil juga berdialog dengan mereka, “Pue haba Ayah ummi kamoe, sehat neuh?” Apa Kabarnya Ayah dan Ummi Kami, Sehatkan-red” tanya Kakanwil.

Didampingi Supervisor VFS Tasheel Aceh, Sofia Keumalasari, Kakanwil meninjau dan melihat lansung proses perekaman Biometrik disana. (kemenag aceh/Azka).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.