15 Penghulu di Kutai Timur Ikuti Musabaqah Bahtsul Kutub

TVHaji.net – Kantor Kementerian Agama Kab. Kutai Timur pada Rabu (10/4/2019) menggelar Musabaqah Bahtsul Kutub di Aula Kantor Kemenag dengan diikuti oleh para Penghulu pada KUA Kecamatan sebanyak 15 orang.

Melalui seksi Bimas Islam selaku penanggungjawab kegiatan tersebut, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya, di mulai pada tingkat kabupaten kota kemudian di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional, yang telah mewakili daerahnya masing-masing.

Para peserta yang mengikuti Musabaqah Bahtsul Kutub ini sendiri akan di tes membaca salah satu kitab kuning yang digunakan dalam rujukan dalam rumah tangga, seperti Kitab Fathul Mu’in. Kemudian peserta akan memaparkan penjelasannya beserta penjelasan ilmu alat yang dikuasai.

Selain menggelar kegiatan tersebut, Seksi Bimas Islam pula melaksanakan Lomba Karya Ilmiah Bagi Penghulu dengan mengangkat tema “membangkitkan profesionalisme penghulu dan peran penghulu dalam membangun moderasi beragama dan menjaga kebersamaan umat”.

Kegiatan ini sendiri upaya Kemenag Kutai Timur untuk menjadikan KUA Kecamatan sebagai lembaga yang kredibel, profesional dan akuntabel dalam membentuk layanan pada publik sebagai bentuk kinerja, dan tujuannya ini sendiri tak berhenti pada pemilihan terbaik dari peserta, tetapi mampu menginspirasi yang lainnya untuk menampilkan hasil yang baik lainnya. (kemenag/fds/alfa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.