Siswa MAN 3 Karawang Ikuti Ujian Praktek Manasik Haji dan Umrah

TVHaji.net – Siswa kelas XII MAN 3 Karawang mengikuti ujian praktek peragaan manasik haji dan umroh, Rabu (6/3/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa- siswi kelas XII. Sejak pukul 06.30 WIB para siswa sudah berdatangan ke madrasah. Bagi yang putra langsung memasuki kelas yang sudah dibagi per kloter untuk mengganti pakain dengan kain ihrom. Setelah memaikai kain ihrom para siswa memeriksa perlengkapan manasik, kartu identitas dan batu kerikil untuk melontar jumroh.

Bagi siswa yang belum mempersiapkan batu kerikil maka dipersilahkan untuk mencarinya di sekitar lingkungan madrasah. Siswa putri sudah memakai pakaian putih-putih semenjak dari rumah, karena tidak memakai kain ihrom. Para siswa putri pun berkelompok sesuai dengan kloter-kloter yang telah dibagi dan berkumpul di ruang kelas yang telah ditentukan.

Tepat pukul 07.30 WIB para siswa diarahkan guru penguji untuk berkumpul di halaman madrasah mendengarkan arahan dan penjelasan dari penguji, tentang alur pemberangkatan, tata tertib, dan mengingatkan kembali beberapa doa yang dilafadzkan ketika sedang dalam rangkaian manasik.

Sebelum pemberangakatan  manasik haji dari miqot, terlebih dahulu mendengarkan sambutan dari H.Sarnubi, S.Ag.selaku guru Fiqih Kelas XII. Dalam sambutanya  Sarnubi menjelaskan tata cara pelaksanaan dan penilaian ujian praktek manasik haji dan umrah.

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tertib dan penuh keseriusan sampai dengan rangkaian terakhir dari kegiatan manasik haji adalah tahallul yaitu memotong rambut, untuk itu secara simbolis para siswa menggunting beberapa helai rambutnya. Setelah tahallul para siswa diberikan air minum yang diibaratkan air zamzam dengan berdoa terlebih dahulu.

Kepala MAN 3 Karawang,H. Muhamim Sarifuloh, sangat mengapreasiasi kegiatan ini, dirinya berharap kedepannya pelaksanaaan kegiatan manasik haji dan umrah dapat dilaksanakan dengan lebih baik, dan diharapkan pula agar kegiatan manasik haji dan umrah dapat menjadi bekal pengetahuan para siswa  yang nantinya  akan menunaikan ibadah haji ataupun umrah. (kemenag jabar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.