Melalui Perkemahan Rohis Kita Bangun Generasi Emas

TVHaji.net – Perhelatan dua kali sekali setahun yang di kemas dalam bentuk kegiatan Perkemahan Rohani Islam (Rohis) kembali di gelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat di bawah Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, Sabtu (01/09).

Acara yang telah diawali sehari sebelum pembukaan yakni pada Jumat (31/08) akan berlangsung hingga Senin (03/09).

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Prov. Sumbar Kardinal, N melaporkan Perkemahan Rohis bertempat di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Padang diikuti peserta dari siswa SMA/SMK se Prov. Sumatera Barat berjumlah 200 orang yang memiliki bakat pada beberapa cabang lomba serta 38 orang guru pendamping.

Kardinal menambahkan kegiatan perkemahan Rohis ini merupkan salah satu strategi dan program Bidang Pakis Kanwil Kemenag Sumbar untuk mencapai keberhasilan pendidikan di tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan harapan terwujudnya peserta didik yang unggul sebagai generasi emas abad 21 yang berkualitas, terampil cerdas, maju, mandiri, dan modern.

Selain hal itu Kardinal menyampaikan, “Perkemahan Rohis Tingkat Provinsi ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan dan menjaring Kontingen Sumatera Barat untuk mengikuti Perkemahan Rohis Tingkat Nasional di Bangka Belitung pada 5 – 10 November 2018 mendatang.”

“DIharapkan dari kegiatan ini akan terjaring bibit unggul dan berprestasi untuk pengembangan Pendidikan Agama Islam pada satuan pendidikan dan sebagai kontingen Sumbar pada event Nasional mendatang, “ tambah Kardinal.

Tak lupa Kardinal mengucapkan terimakasih kepada Kakan Kemenag Kota Padang yang telah menjembatani ikut berpartisipasi dalam menampilkan pertunjukan pertunjukan yang ikut memeriahkan pembukaan Perkemahan Rohis kali ini yakni, Drumband dari SMAN 7 Padang dan MTsN 4 Padang, Group Tari dari SMKN 3 Padang, dan pembacaan Ayat Suci Al-Quran dari SMU 10 Padang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Povinsi Sumatera Barat H. Hendri yang hadir dan membuka kegiatan secara resmi mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dari Kabupaten Kota yang hadir lengkap mengikuti seluruh rangkaian acara Perkemahan Rohis Tahun 2018 ini.

Kakanwil menyampaikan program Perkemahan Rohis ini merupakan Amanat dan perwujudan dari Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

“Pendidikan Agama merupakan pondasi awal dalam mewujudkan peserta didik yang handal dan berkualitas,” ujar Kakanwil.

H. Hendri menambahkan, “saat ini kita memasuki zaman globalisasi dan kecanggihan Ilmu Teknologi dimana kita ketahui tidak hanya dampak positif yang akan ditimbulkan namun juga banyak dampak negatifnya, olehkarena itu diharapkan melalui Perkemahan Rohis ini para peserta didik dapat menampilkan bakat dan minatnya sekaligus bersilaturahmi dengan peserta dari daerah yang berbeda sehingga akan mampu berinteraksi dan meningkatkan semangat pesatuan dan kesatuan bangsa.”

“Semoga dengan kegiatan Perkemahan Rohis ini mampu menjawab tujuan pendidikan Nasional yaitu Mencerdaskan kehidupan bangsa agar dapat menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” ujar Kakanwil penuh harap.

Kakanwil juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut mensukseskan terlaksananya Perkemahan Rohis Tahun 2018 ini tanpa terkecuali sehingga mampu menampilkan acara Pembukaan yang luar biasa.

Kepada Seluruh Peserta Kakanwil berpesan, “Maksimalkan seluruh kemampuan dan tampilkan yang terbaik untuk meriah tiket ke tingkat Nasional,” pesan kakanwil dilanjutkan dengan membuka secara resmi Perkemahan Rohis Tahun 2018 ini.

Ada hal yang menarik terjadi ditengah sambutan, Kepala  Kantor Wilaya Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melihat kondisi para siswa berbaris ditengah terik matahari Kakanwil meminta panitia untuk memajukan podium kedepan sehingga ikut merasakan teriknya matahari, dan secara spontan pula para Kakan Kemenag beserta seluruh pejabat lainnya turun dari mimbar utama ikut berdiri di depan di tengah lapangan yang terik sembari mendengarkan Kakanwil memberikan sambutan.

Diakhir sambutan Kakanwil memberikan reward berupa uang tunai kepada daerah yang bertepuk tangan paling heboh ketika Kakanwil membacakan pantun yaitu Kota Solok, Padang Pariaman dan Solok Selatan.

Usai pengalungan tanda peserta, diberikan pula apresiasi kepada guru dan pengawas PAI berprestasi yaitu untuk tingkat TK atas nama Elfi Zuhartis dari Kab. Tanah Datar, tingkat SD atas nama Harianto dari Kab. Pasaman Barat, tingkat SMP atas nama Rizki Renaldo dari Kab. Tanah Datar, tingkat SMU atas nama Filmaawati dari Kab. Dharmasraya, dan untuk pengawas atas nama Dasriyanti dari Kota Padang.

Turut menghadiri pada acara Pembukaan Perkemahan Rohis Tahun 2018 ini, Kepala Bagian Tata Usaha beserta Istri, Kakan Kemenag kabupaten Kota beserta Istri, dan Ketua Dharma Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar. (humas kemenag sumbar).

0 thoughts on “Melalui Perkemahan Rohis Kita Bangun Generasi Emas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.