Peranan KUA Dalam Penguatan Bimbingan Manasik Haji Dibahas di Workshop

TVHaji.net (Kab. Pasuruan) – Peranan KUA Dalam Penguatan Bimbingan Manasik Haji oleh Seksi PHU Kementerian Agama Kab. Pasuruan jadi pembicaraan yang hangat dalam worshop pada Senin (7/5/18).

Workshop ini dihadiri oleh tiga komponen, yakni kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Pasuruan, Para Penyuluh Agama dan juga semua pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang menyebar diwilayah Kabupaten Pasuruan inipun bertempatkan di gedung jalan Perum Istana Bestari Kota Pasuruan, atau sebelah samping kanan  kantor Kemenag induk.

Workshop  dibuka oleh Ka Kemenag Kab. Pasuruan H. Mohammad As’adul Ana ini membahas banyak terkait dengan prosedur dan kondisi terkini pelunasan ibadah haji. Selain membahas pelunasan BPIH, workshop membahas perihal mutasi jamaah, manasik haji.

“Sebagai pelaksana hal ini harus dikomunikasikan dengan Kemenag, Tokoh Masyarakat (Tomas) dan juga tentunya dengan pihak Tokoh Agama (Toga). Hal demikian harus kita laksanakan dan kita bangun dengan tujuan agar pola komunikasi dapat berjalan baik dan benar adanya terkait hal-hal yang ada hubungannya dengan pelaksanaan teknis ibadah haji,” pesan Ka Kemenag dalam sambutan pembukaannya.

Salah satu contoh, kebijakan mutasi harus betul-betul kita perhatikan dengan benar dan seksama sesuai dengan persyaratan dan keharusan yang harus kita penuhi agar nantinya tidak muncul kesalah pahaman antara calon jamaah dengan Kementerian Agama.

Selanjutnya diakhir sambutan pembukaannya, Ka Kemenag berpesan agar nantinya apabila ada bimbingan manasik ibadah haji yang dilaksanakan oleh masing-masing KUA dengan ketentuan masing-masing KUA menyelenggarakan sebanyak Enam (6) kali pertemuan, kiranya agar diikuti dan manfaatkan baik-baiknya.

Sehingga acara bimbingan manasik ini, tidak sekedar menggugurkan kewajiban apalagi asal-asalan. Tetapi betul betul dapat bermanfaat langsung pada Calon Jamaah Haji yang ada di Kabupaten Pasuruan. Sekiranya ada hal hal teknis lainnya bisa langsung dikomunikasikan pada pihak seksi PHU. (kemenag|nm).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.