Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Syarif Hidayatullah Akan Ikut Kompetisi Robotik di Jepang

JAKARTA (tvhAJI.NET) — Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha/10) kelas  6 dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave/7) kelas 1 yang akan mengikuti International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) Tahun 2017 di Tokyo Jepang. Pasangan kakak beradik tim robotic Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini akan berlomba di Jepang dari 9-13 November 2017.

Ibu kedua siswa ini, Himatul Laily Waisnaini (Laily), menjelaskan bahwa IISRO 2017 diselenggarakan oleh International Muslim Association for Robotic (IMARO). “Kategori yang diikuti oleh Ocha dan Ave adalah Maze solving, Humanoid, Soccer 2 on 2, dan Teather Robotic,” katanya di Jakarta, Selasa (07/11).

Menurut Laily,  dirinya akan mendampingi Ocha dan Ave berangkat ke Jepang. “Sebagai orang tua, saya hanya bisa mendukung dan berusaha memfasilitasi potensi yang dimiliki anak,” imbuhnya.

Tahun lalu (2016), lanjut Laily, Ocha dan Ave meraih Gold Prize kategori Coding Mission dan Bronze Medal kategori Creative Design B dalam ajang International Youth Robot Competition (IYRC) di Korea Selatan.

“Yang terbaru Medali emas kategori Lowcost design robotic, Medali Perak Robot Under Water, dan Medali Perak Sumo Robotic dalam ajang Wonderful Indonesia Robot Challange (WIRC) di Bandung,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Kepala MI Pembangunan Yon Sugiono berharap ajang ini semakin menunjukkan bahwa madrasah bisa sejajar dengan sekolah favorit di Indonesia dan sekolah di belahan benua lain.

“Selain itu, semoga bisa menjadi motivasi bagi siswa madrasah lain untuk bisa mengembangkan potensi di bidang robotik,” harap Yon Sugiono. (kemenag.goid).

One thought on “Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan Syarif Hidayatullah Akan Ikut Kompetisi Robotik di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.