Menag Lukman Hakim Resmikan Asrama Haji ‘Bintang 3’ Medan

TVHaji.net–Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Gedung Asrama Haji medan (Ahmed) yang diberi nama Madinah Al Munawwarah, pada Jumat (13/5/2016). Asrama haji Medan ini setaraf dengan hotel bintang tiga.

Peresmian Gedung Madinah Al Munawwarah yang memiliki luas 10.120 meter ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama disaksikan oleh Plt Gubernur Sumatera Utara H.Tengku Erry Nuradi, MSI, Anggota DPR RI Hasrul Azwar, Kakanwil Kemenagsu Drs.H.Tohar Bayoangin, Kakankemenag se Sumut serta SKPD Sumatera Utara, Pimpinan KBIH, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menteri Agama  mengingatkan kepada Pengelola asrama haji agar gedung yang sudah dibangun ini tidak tampak megah dari fisiknya saja, namun lebih dari itu diharapkan agar pengelola juga memperhatikan hal-hal yang bersifat non fisik, seperti pemeliharaan, fungsionalisasi, pelayanan dan pemanfaatan bangunan.

Menteri agama menambahkan, bangunan seperti ini jangan hanya dimaknai untuk urusan haji semata, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kehidupan masyarakat Sumatera Utara pada umumnya.

Lukman juga berpesan agar gedung yang megah ini dapat dikelola sebaik mungkin agar bisa memberi dampak besar bagi masyarakat.

Revitalisasi asrama haji medan ini merupakan yang pertama dari sembilan asrama haji yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini. Medan menjadi yang pertama dan akan menyusul di 8 kota lainnya, antara lain: Aceh, Padang, Jakarta, Surabaya, Banjarmasin, dan Makassar.

Sementara itu Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan dengan dibangunnya gedung baru ini dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya kepada jamaah haji.

Gubsu juga mengharapkan kedepan Gedung tua Asrama Haji Medan yang berada di belakang gedung Madinah Al Munawwwarah juga dapat segera di revitalisasi.

Kepala UPT Asrama Haji Medan Sutrisno mengatakan gedung Madinah Al-Munawwarah setara bintang tiga. Gedung seluas 10.120 meter persegi ini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan membuat nyaman para pengguna.

Gedung megah lima lantai ini dilengkapi 4 lift dan memiliki beragam fasilitas. Lantai 1, terdiri dari: kamar VIP (1), Superior (1), Standard (46), serta ruang fitness dan restorasi. Lantai 2, terdiri dari: kamar VVIP (1), VIP (2), Superior (1), standard plus (3), standard (46).Lantai 3, terdiri dari: VIP (3), Superior (1), standard plus (3), standard (47). Lantai 4, terdiri dari: kamar standard (31), dan aula berkapasitas 500 orang. “Lantai 5 digunakan untuk aula dengan kapasitas 200 orang,” terang Sutrisno.

“Keberadaan asrama haji ini tidak hanya untuk kepentingan jamaah haji sebelum masa maupun saat operasional, tetapi juga di luar musim haji kegiatan pelestarian haji mabrur, syiar dakwah Islam,   pengembangan budaya Islam, dan segala bentuk kegiatan keagamaan selalu bergema di asrama haji ini,” kata Sutrisno. (kemenag.go.id/nm)

One thought on “Menag Lukman Hakim Resmikan Asrama Haji ‘Bintang 3’ Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.